Kamis, 02 Februari 2012

NASIHAT IMAM AL- GHAZALI


Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya, lalu Ia bertanya,
Pertama,” Apa yang paling dekat dengan diri kita didunia ini?” murid-muridnya menjawab,” Orang tua, guru, kawan, dan sahabat”. Imam Al-Ghazali menjelaskan semua jawaban benar, tetapi yang paling dekat dengan kita adalah MATI”. Sebab itu adalah janji Allah SWT, bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.(QS.ALI IMRAN:185)
Kedua,” Apa yang jauh dari kita didunia ini?”. Murid-muridnya menjawab,” Negara ina, bulan, matahari,dan bintang-bintang”. Imam Al-Ghazali menjelaskan semua jawaban benar,tetapi yang paling jauh dari kita adalah MASA LALU”. Alau dengan cara apapun kita tidak akan dapat kembali kemasa lalu. Oleh karena itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama.
Ketiga,” apa yang paling besar didunia ini?” Murid-muridnya menjawab,”Gunung, Bumi, dan matahari”. Imam Al-Ghazali menjelaskan semua jawaban benar,tetapi yang paling besar dari yang ada didunia ini adalah “NAFSU”(QS.Al-A’Raf:179) Maka kita harus berhati-hati dengan nafsu, jangan sampai nafsu membawa kita keneraka.
Keempat,” Apa yang paling berat didunia ini?”. Murid-muridnya menjawab,”besi, gajah”. Imam Al-Ghazali menjelaskan semua jawaban benar,tetapi yang paling berat dari yang ada didunia ini adalah MEMEGANG AMANAH”(QS.Al-Ahzab:72) Tumbuh-tumbuhan,binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (Pemimpin) diunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia yang masuk neraka, karena ia tidak dapat memegang amanahnya.
Kelima,” Apa yang paling ringan didunia ini?” Murid-muridnya menjawab,”Kapas, angin, debu, daun-daunan”. Imam Al-Ghazali menjelaskan semua jawaban benar,tetapi yang paling ringan dari yang ada didunia ini adalah MENINGGALKAN SHALAT” (Qs.AL-BAQARAH: 238) Peliharalah semua shalatmu, dan peliharalah shalat wustha, berdirilah untuk Allah SWT ( dalam shalatmu) dengan khusyu’.
Keenam,” apa yang paling tajam didunia ini?” Murid-muridnya menjawab dengan serentak,”Pedang”. Imam Al-Ghazali menjelaskan semua jawaban benar,tetapi yang paling tajam dari yang ada didunia ini adalah LIDAH MANUSIA”. Melalui lidah yang tdak terjaga bisa menyebabkan kehancuran dalam suatu hubungan antar dua saudara, dapat menyakiti perasaan orang lain, dan bahkan terjadi perang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar