Minggu, 05 Februari 2012

Mutiara kata Penggugah Nurani

Bismillahirrahmaanirrahiim

Ketika jiwamu gundah dalam kesulitan...maka berdoalah dengan penuh pengharapan  bahwa pertolongan Allah akan datang padamu saudariku....
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,  setelah kesedihan akan tergantikan dengan senyuman, pekatnya malam akan tersingkap oleh cerahnya mentari...
Yakinlah bahwa dibalik kegundahanmu akan ada kebahagiaan yang Allah berikan kepadamu,
Yakinlah bahwa cobaan yang menimpamu akan menjadi penebus dosa-dosamu, Tegarlah saudariku......
Segala puji bagi Allah yang berfirman: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan jangan pula bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajadnya, jika kamu orang-orang yang beriman,” (QS. Ali “Imran:39)

Doa penenang hati
Ya Allah… Gantikanlah keresahanku ini dengan kedamaian,
 kedukaanku dgn kegembiraan  dan gantikanlah rasa ketakutanku dgn keamanan
Ya Allah, sejukkanlah gejolak hatiku dgn salju keyakinan
dan padamkanlah bara dijiwaku dgn air keimanan..
Ya Allah..buatlah mataku yg selalu basah  saat kusujud dihadapanmu, buatlah mataku selalu terjaga saat orang terlelap dan letakkanlah di jiwa yg goncang ini kedamaian,
Ya Allah… halaukanlah kebingungan pandangan hatiku kpd nur cahaya-MU
dan tindakan-tindakan ku yg keliru kpd jalan MU yg lurus..
dan palingkanlah org2 yg menyimpang dari jalan MU kpd hidayah MU
Ya Allah… lenyapkanlah rasa was-wasku dgn fajar cahaya kebenaran,
dan hapuskanlah jiwa yg resah dgn falak kebenaran,
dan tolaklah tipu daya syaitan dgn tentara bantuan-MU dlm keadaan terhina…
Ya Allah,lenyapkanlah dukacita ku, hilangkanlah kesedihanku,
sembuhkanlah kesakitanku.. dan halaulah keresahan dari jiwaku…
Ya Rabb…aku berlindung kpd-MU dari rasa takut, aku bersandar dan berserah hanya kpd -MU, aku tdk meminta tolong melainkan kpd-Mu .....Engkaulah pemelihara ku… sebaik2 pelindung dan penolong…
Wanita solehah itu perhiasan yang indah, ia lembut tapi tidak lemah, mempesona tetapi tetap bersahaja. Ia tahu bagaimana menjaga diri dan keluarga, mengerti bagaimana menjaga akhlak dan kemuliaannya. Ilmunya telah mengangkatnya kederajad yang lebih dari wanita lain. Dan mendapinginya merupakan anugerah terindah (Abu Mushab)
Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah.
Harta yang paling menguntungkan ialah SABAR. Teman yang paling akrab adalah AMAL. Pengawal peribadi yang paling waspada DIAM. Bahasa yang paling manis SENYUM. Dan ibadah yang paling indah tentunya KHUSYUK.
Kegagalan dalam kemuliaan lebih baik daripada kejayaan dalam kehinaan.Memberi sedikit dengan ikhlas pula lebih mulia dari memberi dengan banyak tapi diiringi dengan ria.
Nafsu mengatakan perempuan itu cantik atas dasar rupanya. Akal mengatakan perempuan itu cantik atas dasar ilmu dan kepintarannya. Dan hati mengatakan perempuan itu cantik atas dasar akhlaknya.
Hidup memerlukan pengorbananan. Pengorbanan memerlukan perjuangan. Perjuangan memerlukan ketabahan. Ketabahan memerlukan keyakinan. Keyakinan pula menentukan kejayaan. Kejayaan pula akan menentukan kebahagiaan.
Saudariku....
Jadikan dirimu bagai pohon Kurma yang rindang dimana setiap insan merasa teduh jika berada didekatmu, ketika engkau dilempari dengan batu engkau justru menjatuhkan buah yang manis lagi bermanfaat, janganlah engkau seperti pohon kayu yang kering, tempat sang pungguk melepaskan rindu dan hanya layak dibuat kayu api, karena kenikmatan yang haram akan membuahkan penyesalan, kesengsaraan, dan azab yang amat pedih.

Saudariku......
Jadikan senyuman indahmu menghembuskan cinta dan mengalirkan kasih sayang kepada sesama dan sayangilah orang-orang yang lemah, dermakan hartamu untuk kebahagiaan simiskin, menyenangkan sifakir, dan mengenyangkan silapar niscaya engkau akan bahagia,

Saudariku......
Jadikan lisanmu senantiasa berdzikir,beristigfar, memanjatkan doa, dan memperbaiki tobat dan selalu bersanding dengan al-qur’an, karena sesungguhnya Allah selalu bersamamu, para malaikat senantiasa memohonkan ampunan untukmu dan surga telah menantimu


Yaa...Rabb, Engkau Maha Pemurah lagi Maha Dermawan...
Ketika kuberdoa memohon sesuatu padaMu,
Engkau memberiku sesuatu yang lebih dari yang kuharapkan sebelum aku menyatakannya...
Engkau membalas perbuatanku yang sedikit dengan pahala berlipat ganda dan mengampuni tumpukan dosaku.
Engkau suka jika kumeminta dan Engkau akan murka jika kumeminta kepada yang lain
Semua mahluk yang ada dilangit dan bumi meminta kepadaMu tapi Yaa Rabb, engkau tidak pernah dipusingkan dengan suara-suara yang meminta....Engkau tidak pernah bosan dengan orang-orang yang mengeluh bahkan Engkau senang mendengar keluhan dalam doa.
Ya...Rabb, Engkau selalu menutupi aibku, mengampuni segala kesalahan, sungguh  Maha luas pemberianMu kepadaku, Engkau Maha pengasih lagi pemurah, Engkau Maha kuat lagi Maha mencukupi, Kasih sayangMu kepadaku melebihi kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, Bahkan Engkau begitu bahagianya  menerima tobat seorang hamba melebihi kebahagiaan seseorang yang kehilangan barangnya yang paling berhaga ketika kembali menemukannya.

Nasihat mulia Seorang Ibu agar Wanita disayangi suami:
Seorang ibu bernama Umamah binti Harits menasihati putrinya Ummu Iyas binti Auf yang ketika itu akan menikah, beliau mengatakan kepada putrinya :
“Putriku, engkau akan meninggalkan suasana yang telah melahirkanmu, dan engkaupun akan berpisah dengan kehidupan yang selama ini membesarkanmu. Seandainya seorang wanita tidak membutuhkan seorang suami karena kekayaan kedua orangtuanya dan kebutuhan mereka terhadapnya, maka engkau adalah orang yang paling tidak membutuhkan seorang suami. Namun kenyataannya bahwa wanita itu diciptakan untuk kaum lelaki dan kaum lelaki diciptakan untukmu”.
Makna Nasihat pertama, Seorang istri harus mematuhi suaminya dengan penuh ketulusan dan memperhatikan perintah-perintahnya dengan penuh ketaatan.
Makna  nasihat kedua, Seorang istri hendaknya memelihara kebersihan bagian-bagian tubuhnya yang selalu menjadi tujuan hidung dan mata suami, jangan sampai mata suami melihat sesuatu yang tidak menyenangkan pada diri kita, jadikan tubuh kita selalu wangi dihadapannya.
Makna nasihat ketiga, Seorang istri hendaknya selalu memperhatikan waktu tidur dan waktu makan suami, buatlah suami merasa nyaman pada saat ia hendak tidur dan berikan hidangan yang sangat ia sukai.
Makna nasihat keempat, Seorang istri hendaklah menjaga harta suaminya, memelihara kehormatannya dan keluarganya, mengatur keuangan rumah tangga dengan cara yang baik dan merawat anak-anaknya dengan penuh perhatian dan kasih sayang.
Makna nasihat kelima, Jangan pernah menentang perintahnya untuk mengajak kepada kebaikan dan juga jangan menyebarkan aib atau rahasia suami, sebab jika engkau menyebarkan rahasianya berarti engkau tidak bisa menjaga kehormatannya.
Makna nasihat keenam, Jadilah seorang istri yang selalu merasa dibutuhkan suami ketika ia dirundung sedih engkau mampu membuatnya tersenyum, dan dapat meringankan segala masalahnya.
Makna nasihat ketujuh, riaslah matamu menjadi cantik ketika ia menatapmu maka katakan dari hatimu yang paling dalam bahwa engkau begitu mencintainya, berikan senyuman cantikmu kepadanya saat ia didekatmu, dan dekaplah ia dengan hangat dan curahkan seluruh kasih sayangmu kepadanya, Niscaya suami akan jatuh cinta lagi kepadamu....(^_^)
Ukhuwah yang terbina biarlah seperti seutas tasbih, ada awal tetapi tidak ada akhir, dicipta untuk mengingatNya dan disusun untuk mengharap ridhoNya.
Sarana yang paling baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah shalat dan membaca alqur’an, patuh kepada suami,berbakti kepada kedua orang tua, meninggalkan sifat Ghibah, Hasad, dengki, sombong, bangga iri.
Hari yang indah adalah ketika  aku berhasil menguasai dan mengontrol dunia, bukan sebaliknya.
Hari yang indah adalah ketika aku sanggup mengarahkan nafsu dan keinginanku sehingga  aku  tidak jatuh terpedaya olehnya.
Hari yang indah adalah sebuah hari yang aku bisa menguasai diriku dan keluar dari segala bentuk keraguan.
Hari yang indah adalah dimana aku sempat bimbang antara akan melakukan suatu perbuatan yang karenanya orang lain memujiku dan amalan yang tak bakal mendatangkan pujian serta tak diketahui oleh seorangpun, tetapi aku lebih memilih untuk mengabaikan pujian orang lain dan kemudian mengerjakan amalan yang tidak diketahui oleh orang lain.
Hari yang indah adalah ketika  aku memiliki segalanya namun dihatiku tak ada kedermawanan, namun kemudian aku lebih memilih tidak memiliki apa-apa dari pada hatiku hampa.

Ketika  hati ini ingin berbuat baik, namun seketika itu muncul juga keraguan atau keengganan untuk melakukannya, maka katakanlah dalam dirimu,” mungkin ini tidak datang dua kali atau mungkin ini adalah perbuatan baik terakhirku”. Insya Allah kita akan lebih khusyuk dan bersemangat, barakallahu fikum....
Ketika engkau dengan  sesungguh hati ingin menangkap hakekat kematian bukalah hatimu selebar-lebarnya untuk wujud kehidupan. Sebab kehidupan dan kematian adalah satu, sebagaimana sungai dan lautan adalah satu (Kahlil Gibran)
Orang yang berduka akan menganggap ratapan sebagai kesenangan, seorang pencinta menemukan hiburan didalam gairah jiwanya, sementara orang yang tertindas merasa lega didalam doanya. (Kahlil Gibran)
Apakah cinta yang agung itu?
Adalah ketika kumenitikkan air mata dan masih perduli terhadapmu. Adalah ketika engkau tak memperdulikanku dan aku masih menunggumu dengan setia, Adalah ketika engkau telah mecintai yang lain dan aku masih tersenyum dan turut berbahagia untukmu, Adalah ketika cinta ini kusimpan rapi didalam lubuk hatiku hingga kumenutup mata.

Berjalanlah dengan penuh harapan walau hidup ini tak selalu bahagia,sedekahkanlah satu senyuman walau dihatimu tak lagi mampu bertahan,belajarlah memaafkan walau dirimu terluka,berhentilah memberi alasan walau ingin menyatakan kebenaran,hiduplah dalam Iman walau hari dipenuhi dugaan dan berpeganglah kepada Allah walau Dia tak kelihatan......Bukti kasih-Nya,kita wujud didunia pinjaman ini.
Ada sebab bila berlaku sesuatu perkara dan yakinlah Allah menguji setiap hamba-Nya yang mengakui keimanan kepada-Nya.Jangan terlalu banyak berkhayal untuk jadi yang terbaik karena hidup tak semudah itu,perihal kehidupan sebagai cermin dalam menilai sebuah pengabdian yang hakiki lagi abadi.....Moga lelahmu di ridhoi Ilahi walau di cemooh insani....


Nilai wanita bukan terletak pada pakaiannya yang menonjol, berhias diri untuk memperlihatkan kecantikannya, tetapi hakikatnya ialah pada kesopanan, rasa malu dan keterbatasan dalam pergaulan.

Wanita solehah itu adalah wanita yang tegar menjaga maruah serta apa yang lahir dari dirinya, dari ujung rambut hingga ujung kaki, termasuklah wajahnya, suaranya, senyum tawanya, jalannya, tulisannya,bahkan namanya sekalipun.

Wajah bukan aurat tetapi ada kalanya ia menjadi aurat

Dalam mazhab Imam Syafie berdasarkan ayat ke-31 dalam surah an-Nur.
Allah melarang wanita beriman menunjukkan perhiasannya, kecuali apa yang telah zahir daripadanya.

Ulama Syafie berpendapat makna "apa yang zahir daripadanya" adalah muka dan tapak tangan, tetapi bagi wajah yang bisa mengundang fitnah, ia tetap menjadi aurat.
Wanita yang khawatir wajahnya dapat melalaikan lelaki yang memandangnya pasti akan menganggapnya sebagai aurat, lalu mengenakan purdah/niqab pada wajahnya.


Suaranya bukan aurat, tapi ada kalanya ia menjadi aurat.

Wanita yang memahami arti kesolehan tidak akan melembutkan suaranya di hadapan ajnabi kerana memahami perintah Allah SWT.
"Maka janganlah kamu melemah lembutkan suara dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit hatinya." (Surah Al-Ahzab, 33)

Jadi, bertegaslah apabila berurusan dengan lelaki ajnabi.
Berurusanlah dengan ajnabi tanpa mendatangkan keadaan khalwat (berdua-duaan).
Khalwat paling mudah terjadi dalam hubungan cinta terlarang(Pacaran.red). Khalwat juga adalah bunga-bunga zina.

Bersenda gurau di telefon atau SMS di antara lelaki dan wanita kerana dasar cinta terlarang sehingga menyebabkan nafsu syahwat bergelora juga termasuk sebagai khalwat kerana termasuk berdua-duaan.

Sayyidina Umar r.a berkata, "Aku lebih rela berjalan di belakang seekor singa daripada berjalan di belakang seorang wanita."
Seorang wanita solehah tidak akan membiarkan lelaki berjalan di belakangnya kerana dia faham seribu satu fitnah bisa timbul dari keadaan tersebut.

Bagaimana pula keadaan wanita yang tidak melabuhkan jilbabnya apabila lelaki berjalan di belakangnya?

Maka, labuhkanlah kerudungmu.

Ketahuilah bahwa pada pagi hari perintah berjilbab diwahyukan kepada Rasulullah SAW,seorang sahabiyah yang masih tidak tahu tentang wahyu tersebut telah keluar dari rumahnya tanpa jilbab. Kemudian seseorang telah menegurnya, "Mengapa engkau tidak berjilbab, adakah engkau tidak tahu tentang perintah memakainya?"

Lalu wanita tersebut berhenti melangkah dan menyuruh seseorang mengambil jilbabnya, lalu beliau berkata, "Aku tidak mau selangkah pun aku berjalan dalam keadaan melanggari perintah Allah SWT."

Malangnya hari ini apa yang terjadi kepada wanita Islam; bertahun-tahun belajar Islam tetapi masih tiada kekuatan untuk mengamalkannya.

Saudariku,

Bangkitlah dari lenamu yang panjang dan tidak berkesudahan.
Sekali kamu terjatuh, jangan biarkan diri kamu jatuh selamanya.
Kamu punya kekuatan untuk kembali bangkit, walaupun kita berdosa sebanyak buih yang memutih di lautan.
Yakinlah kasih sayang dan keampunan Allah terlalu luas.

Saudariku,

Hidup ini seperti mimpi, seorang pengemis bermimpi menjadi seorang raja, dipuji dan dipuja, segala kemuliaan dan kekayaan tunduk kepadanya, tapi bila dia sadar dari lenanya, dia masih seorang pengemis yang miskin dan tidak punya apa-apa.
Seorang raja yang bermimpi, menjadi seorang pengemis yang miskin dan hodoh, dia dihina dan dikeji di setiap persimpangan yang dilalui, tapi bila raja itu sadar dari lena, dia tetap seorang raja.

Matanglah dalam urusan akhiratmu. Jangan karena kesenangan dunia yang sementara, kau sanggup menanggung sengsara di akhirat selamanya.

Janganlah karena kasih makhluk yang sementara, kau hilang kasih Allah SWT di akhirat sana. Jika kau kehilangan cinta Allah SWT, niscaya kau akan kehilangan segalanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar