Minggu, 19 Februari 2012

Nasihat Ali bin Abi Thalib





©       Kalau rezeki dari Allah terlambat, maka beristigfarlah kepada Allah dan mohonlah semoga Allah melapangkan rezekiNya bagi kita. Sebab, kunci surga adalah sabar, kunci kemuliaan adalah rendah hati, dan kunci kebaikan (kehormatan) adalah taqwa.

©       Jika memerlukan nikmat dunia, cukuplah islam sebagai nikmatmu. Jika memerlukan keasyikan, cukuplah taat pada Allah sebagai keasyikanmu. Dan jika memerlukan pengajaran, cukuplah maut itu sebagai pengajaran bagimu.

©       Allah telah memberikan petunjuk kepadaku, sehingga aku bisa mengenali diriku sendiri dengan segala kelemahan dan kehinaanku.

©       Kalau engkau ingin menjadi raja, pakailah sifat qanaah. Kalau engkau ingin mendapat surga dunia sebelum surga akhirat, pakailah budi pekerti yang baik. Kedua sifat ini ialah kawan bahagia.

©       Wahai Saudagar! Ambillah yang benar, niscaya kamu selamat. Janganlah kamu menolak keuntungan yang sedikit, karena kamu tidak memperoleh keuntungan banyak.

©       Apabila sempurna akal, kurangi perkataan

©       Lebih sedikit orang menggunakan akalnya, lebih banyak pula ia berkata-kata.

©       Teman manusia sebenarnya adalah akal, dan musuh yang celaka ialah jahil.

©       Kebahagiaanku jika mati sebelum baligh, lalu aku dimasukkan kedalam surga, tidak sebahagia jika aku hidup sampai tua dalam keadaan mengenal Allah, yaitu yang paling bertaqwa, rajin mengerjakan ibadah serta menerima apa-apa yang telah diberikan Allah kepadaku.

©       Bahagialah orang yang dapat menjadi tuan untuk dirinya, menjadi kusir untuk nafsunya, dan menjadi kapten untuk bahtera hidupnya.

©       Dada orang yang berakal itu ialah peti rahasianya.

©       Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar