Senin, 06 Agustus 2012

~.::*Doa Kepada Saudara kita Sesama Muslim*::.~


Assallamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh



Sahabat saudaraku fillah’ Yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala.Doa adalah merupakan ibadah yang mengindikasikan ketergantungan dan kebutuhan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala’ atau cerminan dari sikap tawakkal.

Dengan kata lain bahwa doa adalah salah satu yang menjadi sebab tertolaknya bala,menolak tipu daya musuh, menghilangkan kegelisahan serta dimudahkan kesulitan dan mendorong bagi adanya atau diturunkannya rahmat.

Adapun keutamaan dari doa adalah memperoleh naungan dan Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala’memperoleh hasil yang pasti karena tiap-tiap doa itu dipelihara dengan baik disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala’.Karena setiap doa ada yang dikabulkan dengan cepat dan ada yang disimpan untuk akhirat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala’ Berfirman :

“Dan Rabb-Mu berfirman :Berdoalah kepada-Ku,niscaya akan Aku perkenankan bagimu,”(Q.S. Al Mu’min : 60).

“Berdolah kepada Rabb-Mu dengan merendahkan diri dan suara lembut,”(Q.S. Al Araf : 55).

Demikian juga ketika kita mendapatkan kebaikan dari saudara kita sesama muslim, apakah yang seharusnya kita ucapkan, Terkadang kita mendengar ungkapan "Jazakallahu khayran" Jazakillahu khayran, Jazakumullahu khayran,yang semuanya itu adalah ungkapan doa dan dan terima kasih kepada saudara kita sesama muslim.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :

"Dari Usman bin Zaid Radhiyallahu Anhuma beliau berkata’: Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa memperoleh kebaikan dari seseorang maka hendaknya mengucapkan Jazakallahu khayran kepadanya maka ia telah mencukupkan pujian (baginya)." (HR. At-Tirmidzi; dalam Al Bir was shilah (2035) dan Ath Thabrani dalam As Shaqhir (148/2).

Jazakallahu khayran artinya ‘”Semoga Allah membalas kebaikanmu”,adalah ungkapan doa dan sungguh hal demikian telah bersungguh-sungguh dalam berterima kasih.Dengan demikian sepatutnya sebagai muslim kita menggunakan ungkapan ini sebagai ungkapan terima kasih, karena berbeda dengan ungkapan "terima kasih" ungkapan ini juga berperan sebagai makna doa bagi saudara kita sesama muslim. Jadi seperti kita menggunakan "Assalamu’alaikum" ketimbang "Selamat pagi" atau semacamnya.

Dalam sebuah Hadits riwayat Al-Bukhari, Usaid bin Hudhair Radhiyallahu Anhu mengucapkan “Jazakillahu khayran kepada 'Aisyah Radhiyallahu Anha’ karena Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan ayat tayammum yang memberikan kemudahan ketika 'Aisyah Radhiyallahu Anha’ kehilangan kalungnya sehingga rombongan tertahan hingga waktu shalat datang padahal mereka tidak memiliki air untuk bersuci.

Perlu diketahui bahwa apabila ucapan tersebut ditujukan kepada saudari kita wanita maka dhamir (kata gantinya), diubah menjadi “Jazakillahu khayran”.

Dan apabila ditujukan kepada saudara kita laki-laki “Jazakallahu khayran”. Dan apabila ditujukan kepada lebih dari satu atau sekumpulan orang maka dhamir (kata gantinya) adalah “Jazakumullahu khayran”.

Terkadang sebagian orang hanya mempersingkat dan mengatakan “Jazakallah”karena ungkapan ini tidak lengkap dan tidak jelas apa ganjaran Allah Subhanahu wa Ta’ala’ yang dimintanya. Karena bila disingkat “Jazzakallah saja akan bermakna “Semoga Allah membalas”jadi tidak jelas peruntukannya haruslah lengkap pengucapannya dan penulisannya, Jazakallahu khayran ‘”Semoga Allah membalas kebaikanmu”.

Bila kita di doakan saudara kita apakah yang harus kita jawab atas doanya’? contoh ketika kita didoakan”Semoga saudaraku Ahmad dan keluarga senantiasa selalu lapang rezeki,mendapatkan nikmat dan karunia-Nya selalu ..AAmiin..ya Rabbal’alamiin.

Jawaban ketika kita didoakan”AAmiin Wa Laka Mitsluhu Wa Barakallahu Fikum”artinya “Ya Rabb kabulkanlah doa kami’Semoga engkau Mendapatkan yang semisal dan semoga Barakah Allah menyertaimu”.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :

“Apabila seseorang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya, Maka Malaikat akan berkata,Aamiin dan semoga engkau mendapatkan yang sama” (H.R. Muslim dan Abu Dawud).

‘Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah mustajab.Diatas kepalanya (orang yang berdoa),ada malaikat yang telah diutus, sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, Aamiin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu (H.R. Ahmad).

Arti dan pengertian : ”Amin,Aamin,Amiin,AAmiin,” itu memiliki perbedaan dan definisinya sebagai berikut :

1. Amin (alif dan mim sama-sama pendek = artinya Aman, tentram)
2. AAmin (alif panjang, mim pendek = atinya Meminta perlindungan keamanan)
3. Amiin (alif pendek mim panjang = artinya Jujur terpercaya)
4. AAmiin (alif panjang mim panjang = artinya “Ya Rabb..’Kabulkanlah doa kami)

Sahabat Saudaraku fillah Yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala,demikian semoga manfaat buat kita semua, Yang benar haq semua datang-Nya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,yang kurang dan khilaf mohon sangat dimaafkan ’’Akhirul qalam “Wa tawasau bi al-haq Watawa saubil shabr “.Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala ‘ Senantiasa menunjukkan kita pada sesuatu yang di Ridhai dan di Cintai-NYA....Aamiin Allahuma AAmiin. *

3 komentar: