Rabu, 22 Februari 2012

MENJAGA LISAN DARI GHIBAH


Sikap yang bijaksana adalah meninggalkan perdebatan tentang semua persoalan yang tidak bermanfaat , sebab hal tersebut  akan membuat dada menjadi serasa sempit dan membuat akal menjadi keruh.
Sikap yang bijaksana adalah ketika melontarkan ide dan pendapat harus dengan sopan, santun, dan tidak terlalu menggebu-gebu,Janganlah memaksakan suatu pendapat sendiri kepada orang lain dalam masalah – masalah yang dapat dilihat dari berbagai segi.
Sikap yang bijaksana adalah mengucapkan  kalimat-kalimat dengan sopan dan penuh kasih sayang agar menarik hati dan jiwa orang lain. Hindari sikap banyak membantah dan mengkritik karena kedua sikap buruk tersebut dapat membuat ketenangan hati hilang dan membuat citra menjadi buruk.
Sikap yang baik adalah menyibukkan diri dengan memperbiki segala kekurangan dan kesalahan diri daripada harus menggunjuing aib orang lain yang akan membuat hati menjadi kotor, menghilangkan pahala, dan menambah dosa.
Sesungguhnya Allah tidak menciptakan kita sempurna dalam segala-galanya , Setiap jiwa pasti menanggung dosa dan memiliki kekurangan. Maka, berbahagialah mereka yang senantiasa sibuk memperbaiki diri sendiri dan tidak suka mempergunjingkan aib orang lain atau kesalahan orang lain.
Kiat Selamat dari Gosip
1.      Semua perbuatan sekecil apapun pasti dibalas (QS99:8)
2.      Semua kata yg keluar dari mulut pasti dicatat malaikat Roqib dan Atid (QS50:18)
3.      Gosip sifat tercela yang mengakibatkan "Muflis" bangkrut, karena setiap gosip setiap itu nilai amal ibadah habis.
4.      Perkuat baca Al-Quran dan Zikir
5.      Bersahabat dengan orang sholeh
6.      Bersumpah hanya bicara baik, kalau tidak diam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar