Sabtu, 19 Mei 2012

“Ihdinash shiraatalmustaqiim”




Kebahagiaan seseorang hanya bisa dicapai dan dinikmati oleh orang yang mengikuti satu sisi jalan yaitu “Ihdinash shiraatalmustaqiim” Jalan yang lurus. Itulah peninggalan Rasulullah bagi ummatnya.

“Dan, pasti Kami akan tunjukkan mereka kepada jalan yang lurus.”(QS.An-Nisaa:68)


Kebahagiaan seseorang yang senantiasa berjalan diatas shiraatalmustaqiim, adalah ia akan merasa tenang ketika menghadapi permasalahan dan menyelesaikannya dengan akhir yang baik. Ia juga merasa yakin bahwa tempat kembalinya adalah tempat yang baik.


Dan ia pun percaya sepenuhnya terhadap janji Rabb-Nya, rela dengan qadha’-Nya dan tetap istiqomah berada dikoridor jalan itu.

Dalam penitiannya dijalan ini, ia akan senantiasa mendapatkan kebahagiaan, ia tahu dirinya memiliki ilah,didepannya ada teladan, ditangannya ada kitab suci, didalam hatinya ada cahaya kebenaran iman, dan didalam hati nuraninya ada pemberi nasihat.

Dengan demikian ia akan menjadi sosok yang berjalan menuju kenikmatan dengan ketaatannya dengan selalu berusaha kearah kebaikan.

“Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hambaNya.”(QS. Al-An’am:88)

Berbahagialah ia jika mampu melewati jalan ini dengan keimanannya.....


♥ Doa mohon diperbaiki urusan dunia dan akhirat ♥

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ دِينَارٍ، حَدَّثَنَا أَبُو قَطَنٍ عَمْرُو بْنُ الْهَيْثَمِ الْقُطَعِيُّ، عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ الْمَاجِشُونِ، عَنْ قُدَامَةَ بْنِ مُوسَى، عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ :

(Imam Muslim berkata), Telah mengabarkan kepada kami Ibrahim bin Dinar, (dia – Ibrahim bin Dinar berkata), telah mengabarkan kepada kami Abu Qathon Amr bin Al-Haitsam Al-Qutho'iy, dari Abdul Aziz bin Abdillah bin Abi Salamah Al-Majisyuni, dari Qudamah bin Musa dari Abu Sholih as-Sammaani dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu'alahi wassalam pernah bersabda:

«اللهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ»

"Ya Allah, perbaikilah agamaku untukku yang ia merupakan benteng pelindung bagi urusanku, dan perbaikilah duniaku untukku, yang ia menjadi tempat hidupku, serta perbaikilah akhiratku yang ia menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, serta jadikanlah kematian sebagai kebebasan bagiku dari segala kejahatan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar